Hati-hati penipuan jasa pembuatan kartu kredit BCA


Hhhmm….tulisan kali ini bukan bermaksud bahwa kartu kredit BCA itu jelek. Dan juga bukan bermaksud bahwa BCA telah melakukan penipuan. Bukan! Tapi hanya ingin mengulas apa yang sedang “mereka” lakukan di luar sana, yakni jasa pembuatan kartu kredit online. Namun tulisan ini dimaksudkan untuk dijadikan sebagai informasi untuk lebih berhati-hati bagi anda-anda yang ingin membuat kartu kredit secara online, pastikan bahwa Anda benar-benar mengajukan kartu kredit ke pihak bank yang Anda inginkan. Atau saran saya, lebih baik mengajukan kartu kredit secara langsung mendatangi kantor cabang bank terdekat, secara face-to-face, cara ini akan sangat jauh lebih baik. Misalnya Anda ingin memiliki kartu kredit BNI, datangi langsung ke kantor cabang BNI terdekat dan ajukan langsung ke salesnya, cara ini sudah tentu lebih jelas dan aman.

Kembali ke topik. “Mereka” disini adalah jasa pembuatan kartu kredit palsu. Dan saya menggunakan judul kartu kredit BCA karena yang terjadi pada penulis adalah si pembuat jasa “palsu” alias bukan sales asli pihak BCA atau bukan sales yang bekerja di BCA yang mencoba “iseng” mencari “keuntungan (uang)” dari orang-orang yang sedang ingin memiliki kartu kredit.

Ok, hal ini dimulai ketika saya sendiri mencoba “iseng” mengajukan pembuatan kartu kredit (kebetulan waktu itu BCA, karena saya belum memilikinya). Oh ya, untuk sekedar informasi saya sendiri telah memiliki kartu kredit visa dari Bank Mandiri. Mungkin tak perlu disebutkan jenis kartu kredit Mandiri jenis apa yang saya miliki (tidak penting :)). Jadi waktu itu, saya membaca info pembuatan kartu kredit online di http://indonetwork.co.id/kartu_kredit_mudah/3306082/kartu-kredit-mudah.htm (mungkin ini salah satunya, dan masih banyak lagi jasa seperti ini di situs/website lainnya). Silakan Anda baca sendiri jasa yang ditawarkan di sana. Di sana tertera mengenai proses yang sangat sangat cepat, persyaratan yang mudah, kelebihan-kelebihan dari program/jasa yang “ia” tawarkan, limit minimal 20 juta dan maksimal 100 juta (wow!! :D), dan lagi “ia” menjanjikan sudah pasti 100% diapprove…..wow sudah tentu sangat menggiurkan sekali, bukan? :)   Sewaktu saya membacanya, ini luar biasa! Bank sendiri belum tentu bisa menawarkan seperti ini kepada calon nasabah baru, kecuali melakukan survey terlebih dahulu kepada calon nasabahnya, lalu kalau memang ok, baru diapprove. Namun ada yang ganjil atau aneh di website tersebut, si penawar jasa pembuat kartu kredit online tersebut meminta fee atau biaya pembuatan, di sana tertulis fee sebesar 250 ribu (sudah termasuk bea administrasi dan ppn), tapi kenyataannya tidaklah segitu setelah saya kirimkan email. Di email “ia” meminta fee / ongkos pembuatan sebesar:

    • kartu instan Limit 100 jt proses 1 hari bea fee 2jt
    • kartu reguler Limit 100jt proses 10hari bea fee 500rb

Nah lanjut setelah saya membaca info layanan di website tersebut, kembali saya yang mencoba “iseng” mengajukan kartu kredit kepada si penawar jasa tersebut :) – lalu saya kirimkan email untuk pengajuan kartu kredit BCA dari yang “ia” tawarkan ke alamat emailnya di adimarketingbca@gmail.com.

Berikut Anda bisa baca email antara saya dengan si penawar jasa pembuat kartu kredit palsu tersebut dan pihak bank BCA yang asli melalui video youtube di bawah ini:

Lalu setelah saya puas untuk “iseng”-in si pembuat kartu tersebut :), langsung saya kirim email ke pihak bank BCA di email ini -> halobca@bca.co.id – Dan ternyata benar dugaan saya bahwa pihak Bank BCA mengkonfirmasi via email bahwa untuk pengajuan dan pengiriman kartu kredit BCA tidak dikenakan biaya administrasi apapun, berikut cuplikan dari isi email tersebut :

Kepada Yth.

Bapak/Ibu

 Sehubungan dengan e-mail yang Bapak/Ibu sampaikan, sebelumnya kami mengucapkan terima kasih atas perhatian yang diberikan kepada PT. Bank Central Asia, Tbk.

 Berkenaan dengan perihal tersebut, kami informasikan bahwa untuk pengajuan dan pengiriman kartu kredit BCA tidak dikenakan biaya administrasi apapun.

 Berikut kami informasikan cara mengajukan kartu kredit BCA, yaitu:

- Mengisi Formulir Aplikasi Kartu Kredit BCA. Formulir dapat diperoleh di kantor cabang BCA terdekat atau download di http://www.bca.co.id/include/download/BCA-Reguler-aplikasi.pdf

- Melengkapi dokumen yang disyaratkan

- Mengirimkan Formulir Aplikasi Kartu Kredit BCA dan dokumen ke kantor cabang BCA terdekat atau BCA card center

 Apabila masih ada hal-hal lain yang ingin ditanyakan, Bapak/Ibu dapat menghubungi Contact Center Officer Halo BCA – layanan 24 jam melalui telepon dengan nomor  500888 atau (021) 500888 (dari ponsel GSM)  Customer Service Officer kami di cabang BCA terdekat pada jam kerja atau kunjungi  website kami di http://www.bca.co.id atau http://www.klikbca.com.

 Demikian kami sampaikan, atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.

 Biro Halo BCA

Ok, untuk akhir kata saya ucapkan maaf yang sebesar-besarnya, tulisan ini bukan bermaksud untuk menyinggung, menjelek-jelekan pihak manapun, TULISAN INI HANYA UNTUK INFORMASI DAN HIMBAUAN KEPADA SAUDARA-SAUDARI KU UNTUK WASPADA AGAR TIDAK DITIPU SECARA MATERI (UANG) DAN MENGIKUTI PROSEDUR YANG BENAR DALAM PENGAJUAN KARTU KREDIT.

Salam hangat dari penulis :).

