Ritual Pernikahan Ibas-Aliya, Ini Urutan Acaranya


foto

Putra Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Edhie Baskoro Yudhoyono (kiri) dan putri Menteri Koordinator Hatta Rajasa, Siti Ruby Aliya Rajasa saat acara lamaran di Jakarta, Selasa (26/4). (foto: Anung/RUMGAPRES)

Selasa, 22 November 2011 | 09:27 WIB

TEMPO.CO, Jakarta – Ritual pernikahan akbar antara putra bungsu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas), dengan putri Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Siti Ruby Aliya Rajasa, akan berlangsung serentak di tempat berbeda.

Hari ini, Selasa, 22 November 2011, akan berlangsung acara siraman, midodareni alias pesta lajang, dan berpacar.

Acara pertama adalah siraman. Sebelum siraman, kedua keluarga ini akan menggelar pengajian di rumah masing-masing. Ibas akan memulai ritual di Cikeas, Bogor, pukul 10.00 WIB. Adapun Aliya pukul 09.30 di rumahnya, di Fatmawati Golf Mansion. Setelah itu, ritual siraman pun dimulai.

Tepat pukul 11.00 WIB, Aliya dan Ibas akan menjalani sungkeman. Seluruh ritual itu akan berlangsung dalam adat Jawa dan dipimpin tim dari perias kondang, Tienuk Riefki.

Sedikit berbeda dengan di rumah Hatta, sebelum acara siraman, Presiden SBY akan memasang bleketepe di depan rumahnya di Cikeas, terlebih dulu. Adapun Hatta baru akan memasang setelah acara siraman selesai.

Bleketepe berupa anyaman daun kelapa hijau. Menurut Tienuk Riefki, biasanya pemasangan dilakukan bersamaan dengan tarub dan hiasan janur kuning. “Itu simbol orang Jawa yang akan menggelar hajatan,” kata Tienuk dalam percakapan dengan Tempo belum lama ini.

Selain bleketepe, Presiden SBY juga akan memasang seikat padi sebagai lambang kemakmuran dan membuka kain penutup dua pohon pisang. Di pintu masuk rumah di Cikeas, bakal ada pohon pisang raja di bagian kiri dan kanan.

Sebelum acara siraman dimulai, kedua pohon pisang itu masih ditutup kain. Namun, saat mau memulai acara siraman, keluarga akan membukanya.

Acara siraman Aliya lebih dulu digelar. Setelah sungkeman, digelar pemotongan rambut sebagai simbol. Baru kemudian acara siraman berlangsung. Seluruh keluarga dari orang tua hingga keluarga yang dituakan akan ikut.

Air dari  tujuh sumber serta bunga melati akan mewarnai air yang dipakai mandi kedua mempelai. Setelah itu, calon pengantin perempuan akan dipondong masuk. Seluruh prosesi di rumah Hatta diperkirakan selesai pukul 12.00 WIB. Baru kemudian Hatta akan memasang bleketepe sekitar pukul 14.30 WIB.

Adapun siraman Ibas akan berlangsung setelah acara siraman Aliya, yaitu sekitar pukul 14.30 sampai dengan 15.00 WIB.

Pada malam harinya, keluarga Presiden SBY akan bertandang ke rumah Hatta untuk mengikuti acara midodareni. Acara akan berlangsung pukul 19.00 WIB.

Sementara akad nikah rencananya dilakukan di Istana Cipanas, Cianjur, pada Kamis, 24 November 2011 pukul 10.00 WIB. Diperkirakan seribu tamu akan menghadiri acara sakral itu. Tamu undangan di antaranya terdiri dari pihak keluarga, teman kedua mempelai, pejabat negara, dan duta besar negara-negara sahabat.

Selanjutnya, pada Sabtu, 26 November akan dilakukan resepsi perkawinan. Rencananya akan digelar di Jakarta Convention Centre pada pukul 19.00 hingga pukul 22.00 WIB. Pada resepsi ini akan dihadiri 3.500 undangan.

WDA | DIANING SARI | MUNAWWAROH

Ritual Pernikahan Ibas-Aliya, Ini Urutan Acaranya

Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s