Sidak UN SD, Foke: Keterbatasan Siswa SLB, Bukan Kendala Untuk Maju


Jakarta Hari pertama pelaksanaan ujian nasional (UN) tingkat Sekolah Dasar, Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengunjungi sejumlah sekolah dasar. Salah satu yang dikunjungi Foke, biasa Fauzi Bowo disapa, adalah Sekolah Luar Biasa (SLB) Santi Rama. Menurut Foke, keterbatasan pada siswa berkemampuan khusus yang bersekolah di SLB bukan kendala bagi mereka untuk maju.

“Mereka juga punya keterampilan yang luar biasa. Jadi dengan keterbatasan yang mereka miliki, mereka termasuk yang terbaik kualitasnya. Ini menunjukkan bahwa keterbatasan tidak berarti menjadi kendala siswa didik untuk maju,” ujar Foke di sela-sela kunjungan SDN 01-02, Cipedak, Jagakarsa, Jaksel, Senin (7/5/2012).

Foke menjelaskan Santi Rama adalah SLB dari tingkat SD, SMP, hingga SMA yang pertama di Jakarta, sehingga usianya lebih dari 40 tahun. Menurutnya, Santi Rama adalah sekolah berkualitas baik menghasilkan angka kelulusan yang sangat tinggi. Mereka mempunyai jumlah siswa yang cukup besar dalam mengikuti UN.

“Seperti tahun lalu, angka kelulusan 100 persen. kita berharap agar ini bisa dipertahanakan. Kemudian ada juga kasus tertentu, misal untuk siswa yang tuna netra, mereka juga ikut UN, jadi ujian nasionalnya ada yang dibuat dalam huruf braile dan ada juga yang dibacakan. Jadi dua-duanya adalah aturan yang diinginkan. Sehingga mereka bisa mengikuti UN dengan baik,” cetusnya.

Selain mengunjungi SLB Sinta Rama dan SD 01-02 Cipedak, Foke juga menyempatkan diri berkunjung ke SD Al-Azhar. Mengenakan pakaian dinas gubernur, Foke memberi semangat kepada seluruh siswa SD yang akan melaksanakan ujian nasional tahun 2012.

Ujian nasional tingkat Sekolah Dasar di Jakarta tahun ini diikuti sebanyak 155.026 siswa. Sebanyak 142.419 siswa/i Sekolah Dasar, 12.490 Madrasah Ibtidaiyah, dan sebanyak 117 adalah siswa/i SDLB.

(rmd/nvt)

Sidak UN SD, Foke: Keterbatasan Siswa SLB, Bukan Kendala Untuk Maju

Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s