Etika atau Sopan Santun Dalam Memotret


Sobat Pusat Teknologi, kegiatan memotret tentu menyenangkan. Apalagi bila gambar yang dihasilkan sesuai dengan harapan pasti akan memperoleh kepuasan tersendiri. Nah Sobat, ternyata memotret itu ada etikanya, walaupun tidak tertulis. Saking bernafsunya kita memotret tak jarang malah melupakan sopan santun atau etika mengambil gambar.

Memotret

Apa saja etika memotret? Simak uraian singkat berikut.

1. Patuhi peraturan setempat

Ada baiknya mematuhi aturan bila ada larangan tertulis untuk tidak mengambil gambar di suatu tempat. Biasanya di lembaga atau institusi militer tercantum peraturan tersebut, ini berkaitan dengan kerahasian. Kalaupun tidak tertulis disitu, kemudian diberitahu oleh petugas, alangkah baiknya Sobat mematuhi larangan tersebut dan tidak perlu ngotot.

2. Memotret seseorang yang belum dikenal, izin dahulu

Tidak semua orang suka dipotret, perlu meminta izin dulu apabila ingin memotret seseorang dan jelaskan tujuan Sobat memotret untuk pribadi atau komersial.
Buat subjek foto sobat senyaman mungkin untuk difoto dengan diajak berkomunikasi. Sehingga hasil foto terlihat luwes dan tidak canggung.

3. Datang lebih awal

Saat akan memotret agenda yang banyak didatangi banyak fotografer, usahakan datang lebih cepat untuk mendapat posisi terbaik. Jangan nyelonong menutupi juru potret lain yang sudah berada di posisi siap untuk memotret dengan kameranya.

4. Berbagi kesempatan dengan yang lain

Bila waktunya lama dan memperoleh posisi yang bagus, berbagilah kesempatan fotografer lain memotret dari angle tersebut. Sebab setiap fotografer punya hak yang sama mendapatkan gambar. Perilaku ini akan membangun rasa persaudaraan diantara para fotografer.

5. Jangan bertindak berlebihan

Saat memotret agenda religius atau upacara adat/ritual, jangan bertingkah bolak balik atau over acting bergeser posisi. Cukup geser sekali-dua kali untuk menjaga kekhidmatan ritual.

Dengan mematuhi sopan santun atau etika di atas, tentu akan membuat Sobat menjadi seorang fotografer yang dihormati oleh semua orang.

Etika atau Sopan Santun Dalam Memotret

Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s