Tips Melakukan Kredit Mobil


Kredit MobilDi Indonesia, pembelian mobil dengan sistem kredit sangat digandrungi konsumen. Cara ini konsumen mendapatkan mobil yang diinginkan dengan cara yang mudah. Konsumen bisa langsung membawa mobil ke rumah “cukup” dengan memberikan uang muka dan data diri serta besar penghasilan.

Banyak sekali bertebaran perusahaan pembiayaan (Multifinance)menyediakan fasilitas kredit. Secara teori memang mudah, namun kalau tidak berhati-hati dalam mengelola keuangan bisa-bisa kredit yang harusnya mempermudah malah berujung kesulitan keuangan.

Berikut tips agar kredit mobil Sobat Pusat Teknologi tidak menyusahkan keuangan sobat:

1. Pilih sumber pembiayaan yang tepat

Saat ini ada dua lembaga pembiayaan yaitu perusahaan pembiayaan (multifinance) dan bank. Bank memiliki bunga lebih kecil dari multifinance, hanya proses pengajuan kreditnya lebih ketat. Begitu juga sebaliknya dengan multifinance. Sebaiknya sobat memilih bank sebagai prioritas utama sumber pembiayaan, karena apabila Sobat Pusat Teknologi mengalami kesulitan keuangan bisa jadwal ulang pembayaran kredit.

2. Pilih mobil sesuai kebutuhan

Pilihlah mobil yang sesuai dengan kebutuhan sobat. Ajaklah diskusi anggota keluarga yang lainnya sebelum menentukan pilihan dan memutuskan untuk membeli mobil.

3. Survei harga

Setelah memutuskan jenis mobil yang diinginkan, langkah selanjutnya mencari tahu harga terbaik yang ditawarkan. Tanyakan harga mobil ke beberapa dealer yang berbeda untuk jenis mobil yang diinginkan.

4. Siapkan DP dan cicilan sesuai kemampuan

Siapkan uang muka (Down Payment)sebelum membeli mobil. Biasanya DP berkisar antara 20-30 persen dari total harga, belum ditambah dengan biaya administrasi dan lainnya. Aturlah DP sesuai dengan kemampuan agar kredit nantinya tidak tersendat-sendat.

5. Pastikan jangka waktu kredit tak melebihi usia ekonomis mobil

Setelah menentukan DP, langkah berikutnya adalah  jangka waktu kredit. Pilihlah jangka waktu kredit yang tak melebihi umur ekonomis dari mobil. Sebab jika melebihi 5 tahun, Sobat harus mempunyai anggaran untuk perbaikan mobil. Pilihlah jangka waktu kredit di bawah 4-5 tahun.

6. Sediakan dana cadangan untuk risiko

Sebaiknya Sobat turut juga memikirkan kemungkinan terjadi risiko bila kesulitan keuangan. Selain mencicil mobil, sebaiknya tetap menyisihkan sebagian dari penghasilan untuk tabungan khusus bila terjadi risiko, antara lain dengan mengasuransikan mobil (All risk).

7. Hindari uang muka dari pinjaman

Jangan menggunakan uang hasil pinjaman dari lembaga keuangan atau bank guna menambah uang muka. Karena, sama saja Sobat memiliki dua kewajiban angsuran, dua kali lipat untuk ditanggung.

Nah, itu tadi 7 tips melakukan kredit mobil. Mudah-mudahan tips ini bermanfaat bagi sobat semua yang hendak melakukan kredit untuk pembelian mobil. Semoga bermanfaat.

Tips Melakukan Kredit Mobil

Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s