Cimelati Jadi Jalur Naik-Turun Tim Evakuasi


Laporan wartawan tribunnews.com  Adi Suhendi

TRIBUNNEWS.COM – Untuk mencapai Puncak Salak Satu atau Puncak Manik lebih dekat melalui jalur Cimelati, Cicurug, Sukabumi, Jawa Barat. Oleh karena itu, orang-orang yang akan bergabung dengan Tim SAR Gabungan untuk evakuasi korban jatuhnya pesawat Shukoi Super Jet 100 di Puncak Manik memilih jalur tersebut.

Meskipun jalannya cukup curam, tetapi jalurnya ketimbang lebih pendek dari pada menggunakan jalur Balai Ternak Embrio, Cipelang, Cijeruk, Bogor, Jawa Barat.

Untuk mencapai Puncak Manik dari Cipelang kita harus melewati tiga puncak gunung. Pertama Puncak Salak Empat, dengan jarak tempuh dua jam perjalanan, kemudian menuju shalter puncak tiga dengan jarak tempuh satu jam, kemudian untuk menuju puncak salak tiga harus melalui lembah baru mencapai puncak salak tiga dengan waktu tempuh satu jam perjalanan, dan untuk menuju puncak salak satu ditempuh dengan dua jam perjalanan.

Sementara dari Cimelati, jalur tersebut langsung menuju puncak salak satu dengan waktu tempuh lima jam perjalanan namun jalannya cukup terjal sehingga membutuhkan tenaga ekstra.

Di Cimelati pun saat ini sudah dibuat Posko oleh BNPB yang bertugas untuk membantu Tim SAR Gabungan yang akan melakukan evakuasi. “Kita juga menyuplai logistik,” kata seorang anggota BPBD.

Menurut warga, memang Jalur Cimelati lebih pendek dibandingkan jalur Loji, Cipelang, atau Cidahu. “Kalau sudah biasa bisa ditempuh dalam tiga jam perjalanan,” ujarnya.

Cimelati Jadi Jalur Naik-Turun Tim Evakuasi

Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s