Linda: Pemerintah Inisiasi Terbentuknya Kota Layak Anak


Yogyakarta (ANTARA) – Pemerintah menginisiasi terbentuknya Kota/Kabupaten Layak Anak di seluruh Indonesia demi terwujudnya pemenuhan hak dan perlindungan anak, kata Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Amalia Sari.

“Di dalam Kota/Kabupaten Layak Anak (KLA) semua kebijakan terkait anak harus mengapresiasi pandangan anak, sehingga keterlibatan anak dalam pengembangan KLA harus benar-benar diimplementasikan. Saat ini sudah ada sekitar 80 KLA di seluruh Indonesia,” katanya di Yogyakarta, Senin malam.

Menurut dia di sela pertemuan dengan Forum Anak Yogyakarta, salah satu prinsip hak anak adalah penghargaan terhadap pandangan anak, selain prinsip hak untuk hidup, nondiskriminasi, dan kepentingan terbaik anak.

Penghargaan terhadap pendapat anak, kata dia, harus dipenuhi oleh negara dan merupakan amanah Undang-undang (UU) Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

“Oleh karena itu, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak mengembangkan Forum Anak yang merupakan wadah atau media untuk menyalurkan pandangan anak,” katanya.

Ia mengatakan Forum Anak diperlukan karena suara dan aspirasi serta kebutuhan dan kepentingan anak diperlukan sebagai bahan pertimbangan dalam setiap pengambilan keputusan yang terkait anak.

“Forum Anak juga diperlukan untuk mendorong anak-anak menjadi warga negara yang aktif dan untuk meningkatkan kapasitas anak khususnya dalam memahami hak dan kewajiban anak serta melestarikan nilai-nilai luhur dan budaya bangsa,” katanya.

Menurut dia, sikap penting yang perlu dipahami oleh anak-anak adalah sikap saling menghormati dan menghargai hak orang lain.

Pemenuhan hak anak yang terus diupayakan oleh pemerintah dan seluruh elemen masyarakat juga harus diimbangi oleh sikap anak untuk menghormati hak orang lain, terutama orang tua, guru, dan teman, sehingga suasana damai dan sejahtera akan lebih mudah tercipta.

“Hal itu juga akan mendukung pembangunan karakter bangsa yang menghargai pluralitas melalui sikap-sikap yang memperhatikan etika, sopan santun, jujur, toleransi terhadap sesama, mengakui kesalahan dan kelemahan, empati dan simpati, serta disiplin dan tanggung jawab,” kata Linda.(ar)

Linda: Pemerintah Inisiasi Terbentuknya Kota Layak Anak

Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s