Barnes: Villas-Boas Fantastis untuk Liverpool


Pelatih Andre Villas-Boas, ketika masih di Chelsea.

LIVERPOOL, KOMPAS.com — Legenda Liverpool, John Barnes, mengaku yakin Andre Villas-Boas merupakan orang yang tepat untuk mengisi kursi pelatih mantan klubnya, yang ditinggalkan Kenny Dalglish, Rabu (16/5/2012).

Dalglish menjadi pelatih Liverpool untuk kedua kalinya pada 8 Januari 2011. Di bawah asuhannya, Liverpool menjuarai Piala Carling dan menjadi runner-up Piala FA, tetapi gagal finis di zona Eropa.

Untuk musim 2011-2012, Liverpool finis di peringkat kedelapan, dengan 52 poin, atau kalah 37 poin dari Manchester City di puncak klasemen. Ini adalah posisi finis terburuk Liverpool dalam 18 musim terakhir.

Villas-Boas sendiri merupakan mantan pelatih Chelsea. Ia diangkat pada 22 Juni 2011 dan dipecat pada 4 Maret 2012. Meski begitu, Villas-Boas dinilai Barnes pelatih top, salah satunya karena membawa FC Porto menjuarai Liga Europa 2010-2011.

“Villas-Boas adalah manajer fantastis, tetapi tidak mendapat dukungan dari pemain-pemain Chelsea,” ulas Barnes.

“Di Liverpool, situasinya berbeda. Masalah Villas-Boas di Chelsea adalah soal menangani pemain berumur dan ia tak akan mengalami masalah itu di Liverpool karena di Liverpool tak banyak pemain berumur dan pemain berumur di Liverpool memiliki sikap hormat lebih besar kepada klub sehingga akan melakukan apa yang manajer katakan.”

“Saya pikir, Villas-Boas akan menjadi manajer yang hebat dan masih merupakan manajer yang fantastis. Apakah ia akan datang ke Liverpool? Siapa tahu. Andre Villas-Boas adalah manajer yang baik, tetapi datang pada waktu yang salah ke Chelsea. Dalam situasi berbeda di waktu yang tepat, ia bisa sangat sukses,” tuturnya.

Mengenai perginya Dalglish, Barnes mengaku menyesali hal itu. Menurutnya, Dalglish telah membuat Liverpool sangat berkembang musim lalu.

“Saya menyesal soal Kenny karena saya pikir, bersamanya, Liverpool jelas mengalami kemajuan musim lalu. Manajer baru akan masuk ke Liverpool yang lebih baik, tetapi saya yakin seandainya Kenny bertahan, Liverpool jelas akan berkembang,” aku Barnes.

Sebelumnya, sejumlah media Inggris menyebut Liverpool tengah mendekati Villas-Boas. Selain itu, Liverpool juga disebut mempertimbangkan untuk merekrut Pelatih Wigan Athletic, Roberto Martinez.

Barnes: Villas-Boas Fantastis untuk Liverpool

Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s