Menang 2-0, Indonesia Tatap Semifinal


JAKARTA, KOMPAS.com β€” Tim nasional senior Indonesia menang 2-0 atas Mauritania pada laga perdananya di Grup E Turnamen Internasional Al-Nakbah yang digelar di Palestina, Kamis (17/5/2012) malam. Dengan hasil tersebut, Indonesia berada di peringkat kedua, hanya kalah selisih gol dari Kurdistan yang sebelumnya mampu mengalahkan Mauritania 3-1.

Meski bermain dengan tempo lambat di babak pertama, timnas menorehkan dua gol melalui skema serangan balik yang cepat. Dua gol itu diciptakan penyerang Hendra Adi Bayou setelah menerima umpan matang dari Titus Bonai pada menit ke-20. Lima menit berselang, timnas kembali unggul setelah bek Mauritania, Yocoub, menciptakan gol bunuh diri.

Di babak kedua, pola permainan tim asuhan Nil Maizar tersebut tidak terlalu berubah. Sebaliknya, Mauritania lebih banyak melakukan kreasi serangan. Beruntung, hingga peluit berbunyi panjang, skor 2-0 untuk keunggulan Irfan Bachdim dan kawan-kawan tidak berubah.

Manajer Timnas, Ramadhan Pohan, seusai pertandingan mengatakan, “Syukur, kita sudah melewati ujian pertama. Hendra Bayou bermain bagus karena mampu mengatasi tekanan pertandingan. Memang, kebanyakan pemain baru kali ini di timnas dan menjalani debut internasionalnya. Pemain senior Irfan dan Tibo untungnya mampu menjaga irama permainan timnas.”

Lebih jauh, Ramadhan menilai, salah satu kunci keberhasilan timnas meraih poin penuh dalam laga itu karena para pemain dapat menerapkan instruksi pelatih dengan baik. Namun, politisi Partai Demokrat tersebut tetap meminta agar permainan timnas di laga keduanya nanti bisa lebih baik.

“Dua gol kita lahir dari serangan balik. Para pemain kita disiplin terapkan instruksi coach Nil. Dan, memang coach Nil meminta para pemain untuk punya mindset, cepat menyerang, lekas, dan sigap bertahan. Ini terbukti sukses, walaupun secara fisik jelas berat,” tuturnya.

Selanjutnya, Indonesia akan menghadapi laga penentuan menghadapi Kurdistan, Minggu (19/5/2012). Jika berhasil memenangi laga itu, tim “Garuda” akan berlaga di semifinal melawan best runner-up pada Senin (21/5/2012).

“Sekarang kita fokus ke pertandingan kedua melawan Kurdistan. Fisik mereka lebih kuat dan serangan mereka juga teratur. Semoga anak-anak bisa cepat menjalani recovery untuk menjalani laga itu nanti,” pungkas Ramadhan.

Menang 2-0, Indonesia Tatap Semifinal

Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s