Tips Memilih Internet Service Provider (ISP) Tercepat dan Berkualitas


Internet TercepatTips Memilih Koneksi Internet Service Provider Tercepat dan Berkualitas

USB Moden CDMA/GSM pasti tak lepas dari SIM Card yang memancap di dalamnya. Koneksi internet cepat adalah hal mutlak yang kita inginkan bersama, jika Modem bagus namun SIM card tidak mendukung, maka hal ini akan menghambat kinerja Anda. Begitu pula sebaliknya jika koneksi ISP (Internet Service Provider) sudah mumpuni namun Modem tidak, maka hal tersebut juga akan membuat tidak nyaman saat berselanjar internetan.

Saat ini banyak provider yang hadir untuk menawarkan berbagai macam fitur internetnya.  Maka dari itu berikut ini tips dan trik bagaimana memilih provider yang tepat untuk berinternet.

Tak dapat dipungkiri bahwa faktor utama dalam mencari sesuatu barang ialah faktor harga. Saat ini banyak sekali promosi yang ditawarkan provider, namun hati-hati jangan mudah tergoda. Biasanya promosi yang ditawarkan tidak sesuai dengan yang akan Anda dapatkan. Namun itu semua tergantung pilihan Anda, mau yang murah atau yang mahal namun cepat koneksinya.

Jika Anda telah membeli modem dan yang pas namun masih saja sinyal yang di dapat sedikit maka perlu Anda curigai adalah daerah tempat koneksi. Cobalah Anda bawa keluar atau ke tempat yang ramai, jika koneksi menjadi oke, maka itulah yang menjadi kendala. Tidak semua tempat dapat dijangkau oleh jaringan provider, jika hal tersebut terjadi maka otomatis modem akan menurunkan koneksinya dan menjadikan internet semakin melambat. Jika hal tersebut terjadi maka sebaiknya Anda memilih provider yang memiliki jaringan 3G yang kuat di daerah anda.

Modem yang banyak beredar saat ini cenderung memiliki kecepatan transfer data antara 3,6 Mbps sampai dengan 7,2 Mbps. Dapat diartikan kecepatan transfer modem dan BTS adalah 3,6 atau 7,2 Megabytes/detik. Tetapi jangan Anda terlalu senang dulu, karena biasanya provider membatasi kecepatan Anda sehingga Anda mendapatkan kecepatan yang lebih kecil.

Masing-masing provider memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing maka diharapkan Anda lebih bijak dalam memilih provider yang tepat untuk kegiatan berinternet Anda.

Menurut penulis sendiri, menggunakan ISP berbasis sinyal (non kabel) yang terpenting adalah koneksi yang stabil, biarpun tidak maksimal pada kecepatan yang seharusnya, namun bila stabil itu sudah lumayan bagus, harap diperhatikan bahwa semua provider menggunakan kata ‘Upto’ sekian mb per second, namun pada realitanya penulis belum pernah melihat hingga kecepatan maksimal.

Tips Memilih Internet Service Provider (ISP) Tercepat dan Berkualitas

2 thoughts on “Tips Memilih Internet Service Provider (ISP) Tercepat dan Berkualitas

Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s