Rumor: RIM akan merumahkan 2000 pekerjanya sekali lagi


Research In Motion (RIM)

Ada apa dengan tahun ini? Mulai dari Januari sampai akhir Mei ini, sedikitnya terdapat beberapa perusahaan besar yang memangkas jumlah karyawan mereka sampai dengan ribuan jumlahnya. Tercatat, Yahoo, Nokia, Sony, dan Hewlett Packard telah merumahkan ribuan pekerjanya. Pada bulan Juli 2011 kemarin RIM telah merumahkan sedikitnya 200 pekerjanya.

Kini beredar rumor bahwa RIM kembali akan merumahkan sedikitnya 2000 pekerjanya. Seperti yang dikabarkan oleh Theglobeandmail.com, setelah ditinggalkan beberapa petinggi dan staff pentingnya, RIM terkesan limbung dan mengalami kemerosotan dalam hal penjualan dan pendapatan.

Oleh karenanya, RIM mencoba memangkas pengeluaran yang tidak diperlukan dengan bersiap-siap merumahkan ribuan pekerjanya. Saat ini, RIM mempunyai kurang lebih 16.500 pekerja yang tersebar di seluruh dunia, dan dengan pemutusan hubungan kerja 2000 karyawannya tersebut dapat sedikit membuat RIM ‘bernafas’ lagi.

Walaupun tidak akan memutuskan hubungan kerja dengan banyak karyawannya, menurut seseorang informan di dalam tubuh RIM mengatakan bahwa saat ini sudah banyak pekerja RIM yang bersiap-siap mengajukan pengunduran diri, dikarenakan masa depan mereka di RIM sudah tidak ada kepastian lagi.

Namun, seperti yang dilontarkan juru bicara RIM, “Perusahaan ini (RIM) belum tamat, kita masih bisa survive. Kita akan buktikan dengan peluncuran BlackBerry 10 beberapa bulan lagi.” Memang beberapa saat lalu RIM telah memperkenalkan BlackBerry 10 sebagai produk andalan dari RIM paling baru dan akan menjadi senjata pamungkas perusahaan yang mempunyai basis penjualan terbesar di India dan Indonesia ini.

Apabila, dengan peluncuran BlackBerry 10, finansial RIM belum juga membaik, maka dipastikan produk tersebut adalah produk terakhir RIM yang akan ditemui di pasaran, menurut beberapa pakar analisis. Apakah RIM akan tamat riwayatnya? Ataukah rumor ini hanya akan sebatas kabar burung belaka? Belum ada yang memberikan spekulasi lebih lanjut seputar hal ini.

Rumor: RIM akan merumahkan 2000 pekerjanya sekali lagi

Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s