92 Warga tewas ditembak tank pemerintah Suriah


92 Warga tewas ditembak tank pemerintah Suriah Pemberontak Suriah. merdeka.com/foreignpolicy.com

Sedikitnya 92 orang termasuk di dalamnya terdapat 32 anak-anak dan remaja tewas akibat tembakan tank artileri pasukan pemerintah di desa Houla Suriah.

Pembantaian ini terjadi pada Jumat (25/5) seperti diungkapkan juru bicara utusan khusus bersama untuk Suriah yang dilansir CNN, Minggu (27/5).

Pengamat PBB langsung berangkat dan meninjau ke Houla untuk melihat kejadian tersebut sehari setelah aktivis oposisi melaporkan pembantaian yang ada dalam kekuasaan rezim Suriah itu.

Sedangkan Kepala Misi Pengawasan PBB di Suriah, Mayor Jenderal Robert Mood  mengatakan serangan telah terjadi semalaman, tetapi bahwa keadaan yang menyebabkan kematian belum jelas adanya.

“Ini penggunaan senjata sembarangan dan tidak proporsional dari sebuah kekuatan dan hal ini tidak dapat diterima dan dimaafkan,” kata Mood dalam sebuah pernyataan yang diberikan oleh Ahmad Fawzi, juru bicara utusan Kofi Annan.

“Pembunuhan anak-anak dan warga sipil tak berdosa harus dihentikan,” lanjutnya.

Aktivis oposisi Suriah melaporkan setidaknya ada 88 orang, sebagian besar anak-anak, tewas pada hari Jumat oleh mortir rezim Suriah.

Laporan juga datang dari Komite Koordinasi Daerah Suriah, jaringan aktivis dan oposisi Suriah. Inggris mengecam pembantaian, memanggil dan mendesak Dewan Keamanan PBB.

Menurut Komite Koordinasi Lokal, serangan rezim Suriah sampai Sabtu ini telah menewaskan 43 orang di seluruh negeri, termasuk 20 di Homs, tepat di sebelah selatan Houla.

Statiun televisi pemerintah Suriah menyalahkan pembantaian di Houla akibat geng kejahatan dan kelompok teroris. Seorang analis di stasiun itu mengatakan Al Qaeda dan cabang-cabangnya yang salah. “Militer Suriah adalah pembela bangsa.” jelasnya.

92 Warga tewas ditembak tank pemerintah Suriah

Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s