Hadapi krisis, Indonesia harus jaga pasar domestik


Hadapi krisis, Indonesia harus jaga pasar domestik krisis ekonomi. merdeka.com/shutterstock

Merembetnya krisis Eropa ke beberapa negara Asia disinyalir akan merambah juga di Asia Tenggara, salah satunya Indonesia. Untuk membangun tameng akan krisis tersebut, pemerintah disarankan dapat mengakselerasi pertumbuhan konsumsi agar tidak terkena terpaan badai krisis.

“Perlambatan ekonomi dunia, krisis di eropa perlu diantisipasi pemerintah dalam rangka menjaga akselerasi pergerakan ekonomi nasional,” kata Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perdagangan, Distribusi dan Logistik Natsir Mansyur dalam siaran pers yang diterima merdeka.com, Minggu (27/5).

Natsir mengatakan bahwa pasar domestik harus benar-benar dikembangkan dari produsen domestik. Masalahnya, saat ini badai barang impor masih saja menyerang konsumsi domestik.

”Kita harus lindungi pasar domestik kita dari serbuan barang impor, saat ini masih sebatas retorika namun implementasi di lapangan maupun regulasi yang dikeluarkan masih kurang melindungi pasar domestik, terutama regulasi yang tidak diatur oleh ketentuan WTO perlu lebih fokus. Dengan demikian industri kita akan tumbuh, daya saing kita naik,” jelasnya.

Selain itu, lanjut dia, penataan untuk mendorong investasi domestik patut diupayakan. Misalnya saja biaya logistik, produksi dan suku bunga. “Termasuk penataan akselarasi infrastruktur sebagai penunjang ekonomi kita perlu penataan yang lebih focus dan serius.”

Lebih lanjut, Natsir mengatakan,  Inpres MP3EI, inpres sislognas, inpres pengadaan barang, perlu sinergi dengan dunia usaha khususnya Kadin yang diatur dalam UU no.1/87 sebagai mitra kerja pemerintah dalam menjaga/meningkatkan pertumbuhan ekonomi perlu ditingkatkan.

Terakhir adalah kekompakan para Menteri untuk selektif dalam mengeluarkan peraturan sehingga tidak membingungkan pengusaha.

“Kepercayaan pengusaha nasional kepada pengusaha asing kurang karena banyaknya regulasi yang tumpang tindih, sering berubah-ubah, dikeluarkan seketika, sehingga begitu dikeluarkan pengusaha protes,” ungkap Natsir.

Hadapi krisis, Indonesia harus jaga pasar domestik

Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s