Hazelnut, sumber nutrisi baru untuk susu formula bayi


Hazelnut, sumber nutrisi baru untuk susu formula bayi Hazelnut. merdeka.com/Shutterstock

Para ahli tengah melaporkan bahwa asam lemak sehat yang ditambahkan dalam susu formula bayi prematur tidak banyak ditemukan dalam air susu ibu. Maka dari itu mereka pun mengembangkan minyak hazelnut, yang bisa ditemukan pada hazelnut, untuk menambah nutrisi pada bayi yang tidak didapatkan dari ASI.

Studi yang dilaporkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry ini dikepalai oleh Casimir Akoh ini sebelumnya meneliti ASI adalah standar pembuatan susu formula pada bayi. Sebab pada ASI, ada kandungan asam lemak omega-3 DHA (docosahexaenoic acid) dan asam lemak omega-6 ARA (arachidonic acid) yang penting bagi pertumbuhan otak dan organ lain untuk bayi dalam kandungan sampai tiga bulan masa kehamilan. 

Sayangnya, bayi prematur tidak mendapatkan asupan ARA dan DHA yang cukup ketika dalam kandungan karena mereka lahir terlalu awal. Serta ibu mereka juga belum mampu menghasilkan ASI dengan level ARA dan DHA yang sama. Oleh sebab itu susu formula biasa sebenarnya tidak cocok diberikan kepada bayi prematur.

Sebagaimana berita ini dilansir dari Science Daily (26/05), saat ini DHA dan ARA memang sudah banyak digunakan sebagai bahan pada susu formula. Akan tetapi DHA dan ARA pada susu formula tersebut berbeda pada ASI. Para ahli pun berusaha mengembangkan minyak hazelnut agar dijadikan bahan untuk susu formula bayi prematur, yang mengandung nutrisi DHA dan ARA yang sama pada ASI.

Hazelnut, sumber nutrisi baru untuk susu formula bayi

Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s