Ketidakpastian harga emas rugikan penjual


Ketidakpastian harga emas rugikan penjual Perhiasan emas. merdeka.com/dwi narwoko

Ketidakpastian harga emas akhir-akhir ini yang disebabkan oleh kondisi politik dan ekonomi kawasan Eropa juga amat dirasakan oleh konsumen dan penjual emas di Indonesia.

Ricky (63), pemilik toko emas di Pasar Proyek Bekasi mengaku saat ini harga emas yang dijualnya sedang tidak pasti. Untuk harga emas 24 karat, dijual dengan harga Rp 480.000 per gramnya. Sementara untuk 23 karat dijual dengan harga Rp 380.000 per gram.

“Ini terhitung turun karena setengah bulan yang lalu bisa Rp 500.000 an. Sudah dua minggu ini turun jadi Rp 480.000 per gram,” jelas Ricky.

Ricky mengaku merugi dengan adanya fluktuasi harga emas tersebut. “Jelas pasti rugi,” kata dia tanpa menyebutkan rincian kerugian usahanya tersebut.

Penurunan harga emas ini juga ikut merugikan pihak pembeli. Tita (33) mengaku telah merugi karena telah menjual emasnya pada harga Rp 400.000 dan membeli pada harga Rp 470.000 per gram. “Sekarang emas nggak pasti harganya,” keluh dia.

Sementara itu harga emas dunia telah ditutup naik 1 persen menjadi USD 1.573,1 per ounce pada penutupan pasar pada Jumat (25/5) lalu. Sedangkan harga emas spot atau gold spot kembali turun USD 3,26 per ounce menjadi USD 1.554 per ounce. 

Ketidakpastian harga emas rugikan penjual

Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s