Definisi meluas ormas cemas


Definisi meluas ormas cemas Demo anti FPI. (merdeka.com /Arie Basuki)

Meski organisasi kemasyarakatan dipaksakan oleh Orde Baru, istilah ini bertahan dengan payung hukum Undang-undang nomor 8 tahun 1985. Namun status mereka bukan berbadan hukum, hanya sekadar terdaftar di Kementerian Dalam negeri.

“Dengan lahirnya undang-undang itu, pemerintah menghadirkan organisasi kemasyarakatan sebagai makhluk politik dan revisi adanya undang-undang itu, pemerintah ingin menghadirkan kembali,” ujar Ronald Rofiantri, Direktur Monitoring, Advokasi, dan Jaringan di Pusat Studi Hukum dan Kebijakan Indonesia (PSHK) kepada merdeka.com, Kamis pekan lalu.

Menurut Ronald, beleid itu adalah bentuk kerancuan dalam mengatur organisasi kemasyarakatan. Bahkan, ia menyebut akta itu  jebakan sehingga menimbulkan cara pandang keliru terhadap organisasi kemasyarakatan.

Orang mengira organisasi kemasyarakatan yang kerap berbuat ricuh bisa dibubarkan. Padahal, kata dia, bila mengacur pada undang-undang, tuntutan itu tidak dapat dikabulkan. Sebab, mereka tidak memiliki badan hukum seperti koperasi, yayasan, dan perusahaan yang bisa dipidanakan di pengadilan.

Ronald menjelaskan pemberi perintah berbuat onar yang bisa diadili dengan hukum pidana. Sayangnya, langkah itu tidak pernah ditempuh.

Ia berharap pembahasan Rancangan Undang-undang organisasi masyarakat bisa meluruskan hal itu. Namun sejumlah lembaga nirlaba tergabung dalam Koalisi Kebebasan Berserikat menilai Undang-undang nomor 8 tahun 1985 lebih baik dicabut dan bukan direvisi.

Koalisi memandang RUU organisasi masyarakat keliru lantaran membuat definisi sangat luas mengenai organisasi masyarakat. Bukan sekadar lembaga nirlaba yang masuk kategori, namun juga organisasi hobi, keagamaan, dan sebagainya.

Jika beleid itu disahkan, Kementerian Dalam negeri bakal mengontrol mereka.

Definisi meluas ormas cemas

Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s