JACKY WILLIAM B. NOYA RAJA EMAS TOKOH EMAS DARI AMBON


Jacky William B Noya Raja Emas Tokoh Emas dari Ambon

Jacky William B. Noya, kelahiran Ambon, 17 April 1967, mendapatkan julukan gelar tokoh emas atau raja emas, dikarenakan menemukan tambang emas dari tanah pulau Papua, bagian timur Indonesia.  Sebelum mendapatkan gelar tersebut, beliau adalah memang seorang pengusaha sukses yang kaya raya dan sangat DERMAWAN sekali.

Salah satu info lainnya yang saya sukai dengan profil yang satu ini adalah membagi-bagikan hartanya untuk Mesjid, Gereja, Pura. Lihatlah beliau tidak memandang perbedaan agama yang ada dengan kata lain tidak memilih-milih  dalam membagi-bagikan hartanya. Dan yang saya sukai dari beliau ini, saat membagi-bagikan hartanya tersebut, ia tidak melalui pengantara dalam pembagiannya, yaitu secara LANGSUNG ia sendiri yang memberikannya. Info lainnya lagi yang saya ketahui mengenai beliau, sebelum ia mendadak kaya raya seperti saat ini,  ia juga pernah kehilangan tas yang berisikan uang senilai Rp.500.000.000,00 di pesawat, namun uang yang hilang tersebut kini Tuhan gantikan dengan nilai yang lebih dari nilai uang yang hilang tersebut. Info lainnya mengenai beliau ini bahwa ia pernah memberikan 2 truk sampah untuk pemerintahan kota Ambon, 3 unit mobil Ambulance untuk beberapa Rumah Sakit. Juga ia pernah memberikan beasiswa kepada 2.000 siswa dan mahasiswa miskin berprestasi di beberapa Universitas di Maluku

Dari SEDIKIT info mengenai Jacky William B. Noya yang saya ketahui tersebut di atas, namun BESAR sekali nilai-nilai norma kehidupan yang dapat kita ambil bersama-sama, yakni: DERMAWAN, mau berbagi untuk sesama tanpa memandang adanya perbedaan, dan ikhlas.

Marilah kita sama-sama dapat membuka hati kita yang positif agar dapat memetik dan mencontoh sifat beliau ini. Namun sebaliknya jika dari sisi pribadi kita yang negatif, maka kita akan menilai Jacky W. B. Noya yang sebaliknya. “Ah, Jacky Noya ini sombong…ah Jacky Nova ini hanya membagikan untuk orang Ambon saja…ah dia cuma mau pamer di TV…ah ada udang di balik batu tuh” Coba kita tanyakan ke diri kita sendiri, apakah kita pernah ingin berbagi untuk sesama di lingkungan terdekat kita demi kemajuan negara ini? Adakah tokoh / pengusaha yang kaya raya di negara kita ini yang mau membagi-bagikan hartanya? Kalaupun ada, apakah banyak yang melakukannya atau ter-expose? Atau jumlah mereka di negeri ini sangat dikit jumlahnya sehingga hanya sedikit juga yang melakukannya? Sedikit kalau diperbolehkan jujur menulis, “kalaupun mereka-mereka ini sangat sibuk untuk korupsi, tentu rakyat akan sangat ikhlas jika mereka melakukan itu untuk kemajuan rakyatnya, seperti Robin Hood misalnya, walaupun pencuri namun hasil curiannya untuk dibagikan kepada kaum yang dibawah kemiskinan :)

Postingan saya kali ini bukan karena saya dibayar beliau untuk memberitakan mengenai beliau, namun karena 1 faktor yang yang mendorong saya untuk menuliskan ini, yakni saya KAGUM dengan beliau. Besar harapan saya melalui postingan ini, para pengusaha, para pemimpin negara, atau siapapun yang kaya raya berlimpah harta di negara ini, mau saling berlomba-lomba untuk meng-IKHLAS-kan hartanya dengan berbagi untuk sesama, karena masih banyak sekali sesama kita yang hidup di bawah ‘kecukupan’.

Saya sudahi saja tulisan saya ini mengenai Jacky William B. Noya, daripada nanti makin panjang malah makin melenceng ke hal-hal lain yang bukan mengenai beliau tokoh dari Ambon ini. :D – Maafkan untuk tulisan saya yang satu ini jika ada pihak yang tersinggung, karena tulisan ini semata-mata hanya untuk mencontoh Jacky Noya yang dermawan dan semoga beliau dan keturunan-keturunannya (karena menurut berita tambang emas beliau ini tidak akan habis sampai “akhir zaman”, kata beliau sendiri di acara infotainment SILET di RCTI) dapat meneruskan sifat dermawannya untuk kemajuan negara ini, dimulai dari yang terdekat di Ambon lalu merata ke seluruh pelosok tanah air. Ayo bung Jacky, saya dukung untuk terus mensejahterakan rakyat Indonesiasecara merata dengan membagi-bagikan hasil bumi negara ini, jangan sampai direbut oleh oknum-oknum yang nantinya hanya akan menikmati hasil emas tersebut untuk ‘pribadi’ saja. Sekali lagi, bravo bung Jacky!!

Salah satu hal lain yang saya suka dari salah satu sambutan Gubernur adalah: “…agama manapun di muka bumi ini, terdapat ajaran yang mengarahkan agar setiap manusia yang dikaruniakan Tuhan kelebihan berkat-berkat material, sudah semestinya menjadi saluran berkat untuk orang lain…”

Mari berbagi untuk saudara-saudari kita, demi kemajuan tanah air kita tercinta ini, INDONESIA:)

About these ads