Gmail keeps loading unrensponsive in Google Chrome


Gmail in ChromeGw pecinta Google Chrome dan untuk email sudah pasti Gmail, dalam 1 hari tidak lengkap rasanya kalau belum membukanya. Tapi suatu hari gw buka email di chrome..jrengg….gmail tidak bereaksi atau biasanya orang2 bilangnya “nge-heng“. Gmail kebuka sih kebuka dengan baik tapi, waktu itu gmail bener2 nge-heng alias tidak bisa diapa-apain. Tulisan “Loading” background kuning tetap ada (biasanya hilang kalau halaman sudah terbuka semuanya). Dan setiap link tidak bisa diklik (Inbox, Sent, dll…) – dan gw bertanya-tanya, “Ada apa dengan Gmail gw??? Ngga biasa-biasanya kayak gini, masa Googe kayak gini sih? Ah ngga mungkin…” dgn nada sedikit kesal…..

Sudah pasti saya bingung dan stress,  “wah ngga boleh kayak gini nih, hari ini gw harus cek email” – bisik dalam hati. Lalu, saya coba cek buka gmail di Mozilla Firefox, nah akhirnya kebuka dan…jreennggg……tidak error, setiap link bisa diakses, Inbox dll…., nah di sini sudah bisa sedikit tersenyum. Tentunya gw bertanya lagi, “kok di Firefox bisa, tapi kok Gmail di Chrome error? Ada apa ini?”. Sedikit tambahan, sebenernya banyak halaman2 lainnya selain gmail, yaitu Facebook, dan lainnya gw lupa, yang kejadiannya sama dengan gmail seperti: nge-heng, halaman tidak kebuka sepenuhnya, loading terus, bahkan ada yang tidak mau kebuka sama sekali (harus buka di New Tab, baru bisa).

Gmail keeps loading unresponsive in Google Chrome

Akhirnya gw putusin untuk cari-cari solusi tanya si Mbah alias Google untuk mencari letak permasalahannya, akhirnya banyak dijumpai di http://productforums.google.com/forum Group Google. Ternyata banyak juga mereka di sana yang mengalami permasalahan yang sama. Ada banyak solusi dan jalan keluar di sana untuk menangani Gmail yang nge-hang di Chrome, seperti:

  1. Buka Gmail pakai link ini: http://mail.google.com/mail/s/ – Gmail dapat terbuka dengan baik tapi kalau sudah terbiasa dgn tampilan Gmail.com maka akan aneh jika kita akses Gmail pakai link ini alias tampilannya berbeda..
  2. Buka Gmail pakai link ini: http://mail.google.com/mail – Sudah gw coba tapi Gmail tetap nge-hang.
  3. Me-nonaktif-kan semua “Extentions” di chrome://chrome/settings/  – Sudah gw coba tapi tetap tidak berhasil, alias Gmail masih nge-heng.
  4. Update Adobe adobe flash player – Solusi yang satu ini gw coba juga tetap tidak berhasil, karena flash player yang sudah terinstall di PC sudah yang terbaru / versi terakhir. Gw cek ke website adobe di http://get.adobe.com/flashplayer dan keterangan seperti berikut: “Your Google Chrome browser already includes Adobe® Flash® Player built-in. Google Chrome will automatically update when new versions of Flash Player are available.”
  5. Dan mungkin masih banyak lagi solusi lainnya dari sumber website lain…

Gw penasaran dengan solusi no. 4 di atas, yaitu mengenai flash player, “bisa jadi ini letak permasalahannya…”, soalnya website lain selain Gmail juga nge-heng tiap kali yang ada flash-nya…hhmm…walaupun gagal seperti tulisan di no.4, yang namanya penasaran tetap penasaran dan terus ingin cari-cari solusinya. Akhirnya gw un-install flash player yang sudah terinstall di pc (versi 11.4.402.265), dan gw install ulang lagi flash player versi lama (yang installer-nya sudah pernah gw download beberapa tahun lalu, yaitu versi  10)😀 – hasilnya ternyata sesuai dengan yang diharapkan, Gmail dapat berjalan dengan baik, Loading background kuning tidak muncul terus, dan semua link dapat diklik kembali. “Akhirnyaaaa…..”.

Bagi sobat semua yang sedang mengalami hal yang sama, silakan dicoba semoga catatan ini bermanfaat dan dapat menjadi solusinya.

Tips: Jika gagal, terus mencoba sampai ketemu jalan keluarnya😉

Catatan: Versi Google Chrome yang dipakai saat ini adalah 21.0.1180.89

3 thoughts on “Gmail keeps loading unrensponsive in Google Chrome

Komentar Anda

